REVIEW LAPTOP "GIGABYTE SABRE 15" 12 JUTA DAPET RGB!!


Biasanya laptop dengan harga dibawah 13 juta itu sederhana dan seadanya,tapi itu tidak terjadi di laptop yang satu ini,inilah Gigabyte Sabre 15.

1. DESAIN

Dilihat dari desain,laptop ini berbeda dengan laptop - laptop gaming kebanyakan yang punya skema hitam merah,tapi Gigabyte ini cuman punya skema warna hitam,meski begitu,sudut - sudut tajem di LCD covernya tetep nunjukin kalo dia adalah laptop gaming,untuk bahan LCD covernya masih plastik,wajar sih dengan harga sekitu masih pake plastik.

2. PORT KONEKTIVITAS

Untuk kelengkapan port sebelah kanan :
- 1 Kasington lock
- Exhaust port
- 1 USB 3.0
- 1 USB 2.0
- 2 Audio Jack

Untuk kelengkapan port sebelah kiri :
- Charger port
- LAN port
- 2 Mini Display port
- 1 USB 3.0
- HDMI port
- 1 USB 3.1 Type C
- SD card reader

3. WORKSTATION

Untuk workstation yang paling menarik perhatian laptop ini terdapat pada keyboardnya,dengan harga sekitar 12 jutaan,Gigabyte Sabre 15 ini sudah menawarkan backlit RGB,dimana beberapa laptop dari vendor lain dengan harga segitu masih banyak yang belum backlit mau itu laptop gaming sekalipun.

Dan yang menjadi kelebihan laptop ini selain keyboardnya terdapat di bagian display panelnya,dimana laptop lain dengan harga dibawah 13 jutaan masih pake layar jenis TN,tapi Gigabyte Sabre 15 ini sudah pake layar jenis IPS panel,meski akurasi warna yang di tawarin cukup standar,tapi menurut mimin masih okeh,untuk resolusi,sudah jelas,pasti sudah Full HD.

4. PERFORMA

Untuk performa,laptop ini di bekalin prosesor Intel Core i7 Kaby Lake yang di pasangin ama Nvidia GTX 1050 2GB yang udah lebih dari cukup untuk harga segitu.

Untuk Storage,laptop ini cuman di bekalin 1 TB HDD 7200RPM,dan slot untuk nambahin SSD,untuk memory RAM,laptop ini di bekalin 8GBx1 DDR4 yang bisa di up lagi sampe 32GB DDR4.

Untuk performa speaker yang bersertifikasi Dolby Audio Premium ini meski tidak ada subwoofer,tapi suara yang di hasilin lumayan kenceng dan jelas,okeh lah buat gaming atau iseng - iseng denger musik atau nonton film.

5. KESIMPULAN

Untuk kesimpulan,menurut mimin ini laptop bener - bener kece parah,di harganya yang cuman 12 jutaan,sudah nawarin fitur yang biasanya ada di laptop dengan harga 15 jutaan.

Untuk masalah manajemen panas,disini desainnya cukup unik,Gigabyte membuat panasnya terpencar,udara panas CPU terbuang ke arah belakang,sementara udara panas GPU terbuang ke arah kanan,tapi sayangnya desain exhaust kedua yang letaknya di sebelah kanan kayaknya nggak worth it deh,karena area sebelah kanan adalah area untuk nyimpen tangan kanan kita kalo pake mouse,yang udah pasti tangan kita bakalan kepanasan karena letak exhaust yang di sebelah kanan,karena desain heatpipe yang terpisah antara CPU dan GPU,suhunya bagus di CPUnya dimana suhunya nggak nyentuh angka 68 derajat saat full load,tapi untuk GPUnya agak lumayan panas kalo dimainin lama,suhunya bisa sampe 75 derajat saat full load.

Untuk ketahanan batrai,menurut mimin daya tahannya agak singkat,batrainya cuman kuat 3 jam saat pemakaian ringan dan 45 menit saat pemakaian full load,untungnya chargernya nggak berat buat di bawa kemana - mana.

Untuk dimensi dan bobot,menurut mimin laptop ini masih worth it untuk dibawa kemana - mana,dengan bobotnya yang cuman 2.2 kg nggak bakalan bikin punggung sakit lah.

Untuk harga,Gigabyte Sabre 15 ini memiliki 3 SKU :
1. GTX 1050 2GB,1TB 7200RPM,DOS : 12 Juta
2. GTX 1050 2GB,1TB 7200RPM,SSD 128GB,Win10 : 15,7 Juta
3. GTX 1050TI 4GB,1TB 7200RPM,SSD 128GB,win10 : 19,9 Juta

Okeh sekian dulu untuk review laptop Gigabyte Sabre 15,see you di artikel berikutnya.

0 comments: