REVIEW LAPTOP ASUS X550IU : DEKSTOPNYA PARA KERE HORE

 Buat kalian yang nyari sebuah laptop dengan harga murah,tapi powerfull,mungkin ASUS X550IU ini cocok buat kamu.

1. DESAIN

Dari segi desain,ASUS X550IU ini tampak seperti X series kebanyakan,LCD covernya dilapisin plastik glosy yang bikin sidik jari gampang berbekas,tapi meski pake plastik glosy,LCD covernya ini cukup kokoh. Agar desain dari LCD covernya tidak terlalu polos,pada seri ASUS X550IU ini dia sudah diberikan motif garis abstrak ala - ala ROG agar laptop ini mencerminkan bahwa dia adalah laptop gaming,motif garis abstrak nya nggak berhenti di LCD covernya,tapi meluas sampe bagian workstation.

2. PORT KONEKTIVITAS

Untuk kelengkapan port di sebelah kanan :
- Kasington lock
- Optical Disk Drive
- 1 USB 2.0

Untuk kelengkapan port sebelah kiri :

- Charger port
- Exhaust Port
- VGA port
- LAN port
- HDMI port
- 2 USB 3.0
- 1 Audio combo jack

di bagian depannya terdapat slot SD card reader

3. WORKSTATION

Untuk bagian workstation,laptop ASUS X550IU ini tampaknya sangat sederhana,yahh mencerminkan harganya yang under 10 juta,bagian keyboard pun terlihat seperti X series kebanyakan,hanya saja,font tiap toots keyboard diberi warna orange,agar keyboard terlihat lebih gaming,meski keyboard tersebut tidak membantu pekerjaan dalam tempat minim cahaya,karena tidak ada backlit sama sekali di keyboardnya,tapi masih wajar kok di harga segitu tidak menawarkan backlit,di harga 13 jutaan pun masih banyak yang belum backlit keyboardnya.

Untuk area touchpad masih seperti X series kebanyakan,tapi ada fitur unik di bagian touchpadnya ini,pada seri ASUS X550IU ini dia ada fitur yang namanya ASUS touchpad Handwriting,dimana kalian bisa merubah touchpad ASUS yang lebar menjadi sebuah permukaan yang dapat menerjemahkan usapan jari kalian menjadi sebuah huruf atau angka,menurut mimin ini inovasi yang sangat baik.

Untuk kualitas layar,ASUS X550IU ini menggunakan layar TN,belum menggunakan layar IPS,dengan resolusi Full HD 1080P,menurut mimin sih cukup yah dengan harga segitu,apalagi layarnya udah di lapisin semacam matte yang membuat cahaya atau bayangan si user nggak mantul di layar. Dan untuk akurasi warna,menurut mimin sih masih oke untuk gaming,tapi untuk kebutuhan desain grafis,kayaknya perlu monitor external yang kualitas warnanya lebih baik.

4. PERFORMA

Untuk performa,ASUS X550IU ini dibekali dengan prosessor AMD "Bristol Ridge" APU FX-9830P 3.0 GHz bisa turbo boost nyampe 3.7 Ghz yang di pasangin ama AMD Radeon RX460 4GB GDDR5,yang bener-bener kenceng dari pada harganya.

Untuk storage,ASUS X550IU cuman di bekalin memory RAM 8GBx1 DDR4 yang bisa di upgrade lagi sampe 16 GB di slot satunya,dan untuk penyimpanannya,ASUS X550IU ini cuman dibekalin harddisk 1 TB 5400RPM doang,tanpa ada slot SSD.

Untuk performa spikernya,menurut mimin standar banget lah,sama seperti laptop ASUS dengan harga di bawah 10 jutaan,lumayan buat iseng-iseng dengerin lagu atau nonton film.

Untuk spesifikasi lengkap bisa dilihat di bawah sini :
  • Prosessor       : AMD APU FX-9830P (3.0 GHZ – 3.7 GHz) Radeon R7 graphic
  • GPU                : AMD Radeon RX 460 4GB GDDR5 
  • Memory           : 8GB DDR4 up to 16GB ( Dual Channel Support ) 
  • Storage            : 1TB HDD 5400rpm
  • Ukuran Layar   : 15,6 Inch
  • Resolusi Layar : Full HD ( 1920 x 1080 ) 1080P
  • Audio                : Sonic Master Lite Technology, Ice Power Support
  • Berat                 : 2,45 Kg
  • Batrai                : 4 cells 44 Whrs Battery
  • OS                    : DOS
  • Konektivitas      : Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11 a/b/g/n/ac (optional)10/100              /1000/Gigabits Base T, BT 4.0 support

5. KESIMPULAN

Untuk kesimpulan,menurut mimin si ASUS X550IU ini bener-bener memiliki performa yang luar biasa di bandingkan dengan harganya,meski keliatannya performa antara CPU dan GPUnya rada-rada nggak seimbang,mungkin si ASUS X550IU ini bagus untuk maen game yang lebih menitik beratkan di GPU,karena GPUnya ini kalo di sandingkan dengan si kubu hijau,performanya sudah bisa mengalahkan GTX 960M yang biasanya kalo laptop dengan GPU GTX 960M di jual dengan harga sekitar 15 jutaan.

Untuk manajemen panas,meski agak panas karena cuman di bekalin 1 kipas doang,tapi setidaknya suhunya masih aman kok untuk di ajak maen game yahh kira-kira satu jam,kalo mau lebih lama,lebih baik pake cooling pad untuk jaga aman.

Untuk sisi batrai,ASUS X550IU ini masih bisa di lepas,beda dengan laptop - laptop jaman sekarang yang batrainya disimpen di dalem,keunggulan desain seperti ini yahh cukup membuat hati lebih lega saat menggunakan laptop ini dengan charger terus di pasang,karena si batrai tinggal di lepas. Untuk ketahanannya,batrai ASUS X550IU ini sanggup bertahan sekitar 4 jam untuk pemakaian ringan,dan satu jam untuk pemakaian full load.

Untuk yang nanyain harga dari si ASUS X550IU ini,dia hanya di bandrol dengan harga 9,5 juta rupiah saja

okeh mungkin cuman segitu untuk review si laptop ASUS X550IU ini,see you di artikel selanjutnya.

0 comments: