REVIEW SMARTPHONE "ASUS ZENFONE ZOOM S" BERASA PAKE KAMERA DSLR + BATRAI NGGAK ADA MATINYA!!!




Buat kalian yang lagi nyari HP dengan ketahanan batrai yang oke + dual kamera yang cukup menakjubkan,mungkin Asus Zenfone Zoom S ini cocok masuk ke daftar list kamu.

Untuk paket penjualannya tentu kamu akan mendapatkan unit handphonenya,Charger yang mendukung fast charging,headset,Jelly Case,USB OTG ( USB type C ke USB A ),Sim Ejector,pandungan pengunaan dan kartu garansi.


Untuk desain sih nggak jauh beda dengan Zenfone 3 sebelumnya,hanya saja yang sebelumnya punya bahan glossy sekarang di rubah menjadi metal yang terasa kokoh saat di pegang,dan yang asalnya cuman punya 1 kamera di tengah sekarang jadi punya dual kamera di sebelah kiri atas,efek dari bahan metal ini membuat bodynya agak licin,tp untungnya Asus memberikan Jelly case transparan secara cuma - cuma.


sebetulnya kalo diliat - liat sih desainnya mirip sama Iphone 7,apalagi yang versi warna biru gelapnya,hanya saja penempatan fingerprint dan nggak ada tombol home fisik di depan.


Masih seperti Zenfone 3,tombol navigasi fisik masih berada di bawah bezel,cuman sedikit perlu pembiasaan,Asus menaruh tombol "back" di sebelah kiri,mungkin buat pengunaan dengan 1 tangan bakalan agak sedikit kerepotan karena tombol "back" yang ada di ujung kiri tersebut,terutama saat mengoprasikannya mengunakan tangan kanan,dan lagi - lagi Asus belum memberikan backlit pada tombol navigasi fisiknya,entah Asus kelupaan lagi atau gimana,itu mimin nggak tau,memang sih saat awal - awal mengoprasikannya agak ribet,terutama di tempat galap,tp lama - lama juga kebiasa kok. 


Untuk layarnya,Asus Zenfone Zoom S ini berukuran sekitar 5,5 inch,untuk ukurannya pun masih sama dengan smartphone - smartphone lain yang memiliki layar berukuran 5,5 inch. sebagai daya tarik nilai jual,Asus memberikan layar bertipe AMOLED 5,5 dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel,disini menurut mimin warna,kontras pada layarnya cukup baik,ditambah view angel yang cukup luas juga,meskipun memang layar AMOLED pada Asus Zenfone Zoom S ini masih belum sebagus smartphone yang mengunakan layar AMOLED di brend sebelah,tak lupa juga Asus melindungi layarnya dengan Corning Gorilla Glass 5,seharusnya sih daya tahan layarnya ini udah nggak perlu di raguin lagi yahh. 


Ohh iya tambahan,untuk white line issue,mimin sempet dapet itu di unit sebelumnya dan Asus mengklaim ini kesalahan hardware,asalkan kita ganti ke servis center itu akan langsung di ganti dengan unit baru kok,dan juga ada beberapa toko yang siap untuk tukar barang apabila terjadi masalah white line issue,jadi no problem lah yah.


Untuk tombol power dan volume masih sama seperti smartphone lain yang disimpen di sebelah kanan atas dan posisinya pun menurut mimin sih pas - pas aja.


Untuk sebelah kirinya,Asus menempatkan tray untuk menyimpan dual nano SIM dan dan MicroSD,tp desain traynya ini hybrid,jadi kamu harus memilih mengunakan dual nano SIM tampa MicroSD atau 1 nano SIM dengan MicroSD.


Untuk port Asus masih menyertakan Jack Audio di bagian bawah smartphone,lalu ada port USB type C di bagian bawah juga,dua mikrofon yang di letakan di atas dan bawah smartphone,dan speaker yang di simpen di bagian bawah.


Untuk spesifikasinya Asus Zenfone Zoom S ini debakali SoC Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0Ghz Cortex A53 dan GPUnya mengunakan Adreno 506 yang di padukan dengan RAM berkapasitas 4GB dan memori internal sebesar 64GB,memang sih kalo lihat dari spesifikasi,Asus nggak jual smartphone ini untuk kenceng - kencengan balap di game atau benchmark,sesuai dengan namanya yaitu "Zoom" sudah pasti nilai jual smartphone ini lebih ke kameranya bukan ke performanya,tp menurut mimin sih Snapdragon 625 ini udah cukup lah buat multitasking atau main game,yahh meski untuk main game yang sangat berat udah pasti bakalan nge lag di smartphone ini.


Untuk batrainya,meski smartphone ini tergolong tipis dan ringan,tp kapasitas batrainya jangan di anggap remeh,Asus Zenfone Zoom S mengusung batrai 5000 mAh,kapasitas yang seharusnya sudah sangat cukup untuk melakukan kegiatan dalam jangka waktu yang lama hanya dengan sekali pengisian daya,di dukung dengan SoC Snapdragon 625 dan layar AMOLED nya,dan sesuai ekspetasi smartphone ini sanggup bertahan sekitar 18 jam lebih saat pemutaran video 1080 secara terus menerus,itu menandakan bahwa smartphone ini bener - bener irit bukan main.


Untuk kameranya seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya,Asus Zenfone Zoom S membekal dual kamera 2 sensor 12MP,satu dengan lensa Wide dan yang satunya dengan lensa Tele,kedua kamera tersebut mengunakan sensor Sony,Ekuivalen dengan kamera 35mm, kedua lensa ini memiliki panjang fokal berkisar 25mm untuk lensa Wide dan 69mm untuk lensa Tele,untuk diagfragmanya lensa Widenya f/1.7 dan untuk lensa Telenya memiliki diagfragma f/2.6,Asus juga tak lupa untuk menyematkan OIS ( Optical Image Stabilizer ) tp hanya untuk lensa Wide nya saja,untuk lensa Tele nya tidak memiliki OIS.


Untuk outofokus nya mimin cukup salut,fokusnya cepet banget,Laser outofokus ( infrared ) kini sudah lebih baik kualitasnya,fokus di tempat minim cahaya pun masih oke - oke aja,fitur ini juga di dukung dengan dual pixel,jadi untuk masalah outofokus,Asus Zenfone Zoom S ini jangan di ragukan lagi lah yahh.


Untuk kamera selfie,Asus Zenfone Zoom S di bekali 1 kamera 13MP,lensa yang di gunakan juga cukup lebar,sekitar 25mm,sementara diagfragmanya f/2.0,untuk kamera selfienya memang nggak ada yang spesial,nggak ada flash khusus atau pun autofokus,Asus lebih memilih untuk mengunakan screen - flash atau menyalakan layar dengan brightness paling tinggi saat memotret,menurut mimin metode seperti ini cukup efektif dan akan menghasilkan gambar yang lebih natural,tp memang intensitas cahayanya tidak akan sebaik mengunakan flash.


Untuk perekaman video,didukung dengan SoC Snapdragon 625,storage yang kenceng,Asus Zenfone Zoom S mampu merekam hingga resolusi 4k,ditambah dengan fitur EIS ( Electronic Image Stabilizer ) semakin meminimalisir guncangan saat melakukan perekaman di seluruh resolusi perekaman video,tentu saja kamu bisa merekam dengan lensa Tele dan kamera selfienya,tp hanya terbatas di resolusi 1080p saja


Untuk koneksi,seperti smartphone jaman sekarang,Asus Zenfone Zoom S sudah mendukung 4G LTE,yahh udah pasti lah mendukung,kalo smartphone jaman sekarang nggak mendukung 4G LTE,berasa ketinggalan banget tuh smartphone :v 


Untuk sistem oprasi Asus Zenfone Zoom S masih bertahan di Android 6.0 Marshmallow dengan ZenUI 3.0 saat keluar dari kotak,tp untuk update ke 7.0 Nougat sudah tersedia,tinggal cek software update untuk mendapatkan update Android 7.0 Nougat.


Seperti biasa Asus selalu memberikan aplikasi - aplikasi yang malah jarang mimin gunakan,dan juga aplikasi tersebut tidak bisa di uninstall,jadi saat pertama di gunakan storage kamu sudah terkuras sekitar 11 GB karena OS dan aplikasi - aplikasi bawaan Asus.


Untuk kesimpulannya,dengan batrai yang tahan lama,kamera yang sangat baik,nampaknya kekurangan - kekurangan yang sudah mimin sebutkan tadi jadi tertutup oleh kelebihan - lekebihan yang di tawarkan si Asus Zenfone Zoom S ini,dan sekaligus membuat mimin move on ke smartphone yang satu ini.


Asus Zenfone Zoom S memiliki 3 varian warna,ada warna biru malam,Silver,dan Pink

Desember 2017 : IDR : 4.999.000

okehh sekian dulu aja untuk review Asus Zenfone Zoom S ini,see you di artikel selanjutnya

0 comments: