REVIEW LAPTOP "ASUS ROG Strix GL503VD" KADO AKHIR TAHUN DARI ASUS

Di penghujung tahun 2017,Asus tiba - tiba mengeluarkan laptop gaming entry level terbarunya yang akan meneruskan perjuangan si ROG Strix GL553,inilah ASUS ROG Strix GL503VD.

kalo liat desainnya,kita nggak akan liat lagi ciri khas Strix terdahulu di laptop ini,semua sudah berubah sekarang,desain LCD cover yang berbahan almunium ini mirip dengan desain LCD covernya si ROG Zephyrus,sekarang cuman ada logo ROG di samping ditambah dengan garis yang kesannya membelah dua laptop ini.Untuk desain bagian dalemnya pun juga sama ada garis yang seakan - akan membelah laptop ini,meski terbuat dari plastik,tp terasa sangat berkelas,

Untuk bobotnya pun sekarang lebih ringan kalo di bandingin sama ROG GL553 terdahulu,beratnya cuman 2.3 kg,beda dengan ROG GL553 yang beratnya sekitar 2.5 kg,bodynya juga lebih tipis berkat eliminasi optical disk drive.

Untuk kelengkapan port sebelah kanan :
- kasington lock
- 1 USB 2.0
- 1 USB 3.0
- 1 USB 3.1 Type C
- 1 SD card reader

Untuk kelengkapan port sebelah kiri :
- Charger port
- LAN port
- Mini Display port
- HDMI port
- 2 USB 3.0
- 1 Audio combo Jack

Buat kalian - kalian yang komplain masalah tombol power dan tombol ROG yang di simpen di keyboard,sekarang tombol itu udah kepisah dan disimpen di sebelah kanan atas keyboard,begitu juga ada tombol ROG + ada tombol media seperti tombol volume dan mic yang di simpen di sebelah kiri atas keyboard.

Untuk keyboardnya sih empuk,cuman key travelnya sekarang jadi pendek,kalo menurut mimin sih jadi kurang nyaman buat ngetik lama dan maen game lama,ohh iya untuk backlit RGB masih ada yahh,cuman nggak ada perubahan,masih sama seperti di ROG GL553. Untuk touchpadnya pun berasa standar banget untuk sebuah laptop gaming.

Untuk layar,ASUS ROG GL503VD ini dibekalin layar IPS dengan 100% sRGB,dan refresh rate 60Hz,nyaman banget lah buat nge game,editing,nonton film,dan lain - lain,buat kalian yang lebih kompetitif di game e-sport,tenang aja,ada versi Strix Hero Edition dan Strix Scar Edition yang nawarin layar TN dengan refresh rate 120Hz.

Untuk jeroan,ada dua versi untuk saat ini,ada yang mengunakan CPU Intel Core i7 7700HQ + GTX 1050 dan ada yang menggunakan CPU yang sama tetapi menggunakan GTX 1060,mimin nggak tau apakah akan ada versi GTX 1050TI sama GTX 1070 nya seperti di ROG Strix GL553VE dan ROG GL502VS sebelumnya. Ditambah dengan RAM 8 GB dan Hybrid Harddisk 1TB,harddisk yang di gunakan juga memiliki Cache sebesar 8GB yang berisi file system dan beberapa aplikasi yang sering kita gunakan,seiring dengan penggunaan maka boot file akan makin cepet,untuk kecepatan boot up pun nggak jauh beda dengan laptop yang pakai SSD beneran.

Untuk game seperti GTA 5,kita mendapatkan frame rate yang cukup memuaskan,begitu juga di game The Witcher 3 dan CS:GO,ohh iya btw kita pake yang versi GTX 1050 yah.

Untuk kualitas speaker stereo nya sekarang lebih okeh dibandingkan dengan speaker stereo yang ada di ROG GL553 atau pun ROG GL502.

Untuk masalah manajemen panas,sekarang sudah nggak single fan lagi seperti di ROG GL553,tp sudah menggunakan dual fan layaknya ROG GL502,suhunya pun aman - aman aja saat full load,kecepatan kipas bisa kita atur secara manual,tp kalo kita maksimalin fannya,suaranya cukup bising,yahh masih sama lah dengan ROG GL553 atau ROG GL502.

Untuk update option,kita cuman perlu buka 1 baut aja di bagian bottom case,setelah di buka,kita bisa akses harddisk 1 TB,slot SSD M.2 yang sudah support NVMe,dan slot kosong untuk nambahin RAM.

Untuk ketahanan batrai pun cukup memuaskan daripada di GL553,batrai berukuran 64Wh ini sanggup bertahan sekitar 6 jam saat penggunaan biasa,cukup berbeda jauh dengan si ROG GL553 yang hanya menawarkan batrai sekitar 46Wh dan mampu bertahan sekitar 4 jam saat penggunaan biasa.

Menurut mimin refresh yang di lakukan Asus kali ini sangat baik,body makin tipis,layar makin keren,ditambah sistem cooling yang lebih baik membuat laptop ini makin menyempurnakan jajaran laptop entry levelnya ROG,meski jujur aja menurut mimin rilisnya kecepetan,saat si ROG GL553 sedang naik daun dan umurnya juga belum genap setahun,pangsa pasarnya harus di hancurkan oleh si ROG GL503 ini,tp perkiraan mimin ROG GL553 masih ada yang melirik dikarenakan perbedaan harga yang lumayan.

i7 7700HQ,8GB RAM,1TB SHDD
Desember : IDR : 15.8 Juta
*Untuk versi GTX 1060 nya kita belum mendapat informasi lebih lanjut,apabila sudah ada informasi,akan langsung mimin up disini.

okehh sekian dulu review Asus ROG GL503VD,ohh iya berhubung ini di penghujung tahun 2017,kita selaku tim web Daus SF56 mengucapkan selamat tahun baru 2018,semoga di tahun 2018 ini akan lebih baik lagi daripada di tahun 2017,see you di artikel selanjutnya.

0 comments: