Kenapa Fall Guys Kini Terkalahkan Oleh Among Us?

 


Di Tahun 2020 ini dimana wabah virus sedang merajarela di seluruh dunia membuat semua orang harus mengurangi aktivitas diluar rumah karena humbauan dari pemerintah tentang WFH. maka otomatis orang akan mencari kegiatan yang bisa dilakukan dirumah, salah satunya adalah bermain game. ditahun ini, banyak game yang dirilis dan memberi peluang para developer untuk merilis di game dan mendapatkan keuntungan yang besar dikarenakan situasi ini, salah satunya adalah Fall Guys.

Fall Guys adalah game bergenre Battle Royal yang unik dari yang lain, terinspirasi dari sebuah acara televisi jepang yang tersohor yaitu Takeshi Castle dimana para pemain akan melewati sebuah rintangan dan bertahan agar dia bisa lolos dan menjadi juara dalam babak akhir dan hanya ada satu pemenang. menggunakan konsep battle royal yang colourfull,kartunis dan kid friendly membuat game ini tidak hanya unik tapi lucu dan imut. Game ini mendapatkan respon positif dan seketika hypenya tinggi saat perilisan pertama di awal agustus membuat semua orang baik itu streamer dan youtuber banyak memainkan game ini dan pernah menjadi top viewer di twitch kedua setelah just chattin.

Namun, semua yang diatas akan berada dibawah juga game ini hanya bertahan hypenya setengah bulan saja dan digantikan oleh game yang sebenarnya bukan game baru melainkan game yang dirilis dua tahun lalu yaitu Among Us. game buatan Innersloth ini dirilis 17 November 2018 di steam dan tersedia di Android,iOS dan PC ini seketika hype di tengah ramainya Fall Guys seketika langsung mengalahkan hypenya tetapi mengapa ini bisa terjadi? disini adm00n akan bahas tentang mengapa hypenya sangat singkat.

  • Game Ini Tidak Gratis

Yap Betul. game ini tidak gratis melainkan berbayar, harga gamenya sendiri sekitar $20 atau di indonesia dijual 110 ribu membuat game ini tidak bisa dimainkan semua orang terlebih apabila mereka adalah gamer yang tidak suka bermain game yang berbayar. sangat kontras dengan Among Us yang gratis di versi iOs dan Android, Hanya PC yang berbayar dan harganya hanya 40rb saja.

  • Platform Yang Terbatas

Fall Guys baru tersedia di PS4 dan PC belum tersedia di iOS dan android dimana saya yakin para gamer casual  akan lebih senang apabila gamenya dirilis di android dikarenakan jauh lebih portabel dibanding dengan harus membawa laptop atau pc, terlebih jika ingin mencari pasar asia dimana popularitas gamer mobile lebih dominan daripada yang menggunakan PC maupun konsol. Berbeda dengan dengan Among Us yang tersedia di beberapa platform termasuk di iOS dan Android.

  • Cheater yang merajarela

Semua yang online pasti akan ada cheater begitu juga dengan game ini. pada perilisan awal, game ini tidak memiliki sistim anti cheat sehingga memiliki celah besar bagi para cheater untuk melakukan aksinya di game mulai dari menggunakan speed hack,jump hack, dan anti collision yang sangat merugikan para gamer yang lainnya ditambah respon untuk memperbaiki sistem anti cheat yang terkesan lambat membuat game ini mendapat krtitik yang cukup keras sehingga review disteam pernah negatif. Kini fall guys sudah memiliki sistem anti cheat yang sama yang digunakan oleh Fortnite.

  • Server yang sering down dan matchmaking yang lama 
 untuk ini memang sering terjadi di Among Us tetapi, Fall Guys jauh lebih parah dibanding dengan among us. Betapa tidak! kettika adm00n bermain game ini sering terjadi DC di tengah permainan bahkan ketika teman saya memenangkan pertandingan saja tiba - tiba DC beruntungnya dia masih dapet crown dan progress. Sangat disayangkan game yang sangat potensial ini harus dicederai oleh sistem server yang buruk dan matchmaking yang memakan waktu bisa lebih dari satu hingga dua menit bahkan lima menit apabila lagi apesnya dan ini masih terjadi walau sudah update dan dipasangi anti cheat.

  •  Gameplay

Untuk gameplay, keduanya sama - sama seru hanya saja adm00n cenderung lebih enjoy dengan among us daripada fall guys mungkin karena konsep gameplay dari among us sendiri yang harus dimainkan oleh teman karena jujur among us akan membosankan apabila hanya dimainkan sendiri berbeda dengan fall guys yang masih seru dimainkan sendiri dan teman walaupun yang menang tetap hanya satu orang saja.

 Kesimpulannya adalah Fall Guys kurang dalam memanfaatkan peluang ini dan cenderung lamban dalam menanggapi keluhan para player sehingga hype yang begitu cepat harus turun dengan cepat juga. Andai saja devnya cepat dalam menanggapi keluhan dan merilisnya di banyak platofrm, mungkin game ini akan tetap hypenya tinggi. Semoga ketika season 2 nya rilis dan versi iOS dan Androidnya juga rilis.

0 comments: